Sunday 21 October 2012

#BerburuPahala simPATI: Yuk #BelitungTrip Yuk! (Eps 2)

Lalala.. Yeyeye...

Okesip simPATI sangat berbaik hati memilih seorang mahasiswa frustasi, seperti gw ini, untuk liburan serba gratis. Setelah stress dengan presentasi dan revisi Tugas Akhir, akhirnya gw liburan.. Yuk, Mantai, cuy... Belitung.. I'm Coming...

Singkat cerita, Jadwal keberangkatan dari Jakarta adalah tanggal 28 September 2012, take off jam 08:30 WIB. Waaaahh Paginya... Berangkat jam berapa nih dari Cikarang?? Apalagi belum Claim e-ticket, belum check in pula.. Hadeuh..

Eits.. Pemenang lain dari Medan, @kholidrilov dan @Soekaq kan transit di Jakarta dulu. Mereka dapat penginapan, di Hotel Amaris dekat bandara Soekarno Hatta. Dan lagi-lagi GRATIS dari simPATI. Okesip, boleh dong yak saya menginap saja di BelitungTrip Eve (Satu malam sebelum terbang).. Yup Lancar, Pihak simPATI udah ngizinin.. Cuss Tanggal 27 Sore ke Bandara Soetta, mau claim e-ticket dulu, baru ke Amaris Hotel..

Jam 8 malam gw check in di Hotel Amaris, Bersih-bersih, dan jam 9an Cuss ke Bandara lagi, nyambut teman-teman dari Medan. Then, take a rest di Hotel GRATIS itu beda sama kamar sendiri.. Ahhaayy.
Ngobrol sama Teman Medan, ga kerasa udeh tengah malam, tapi belum ngantuk, padahal besok harus bangun pagi.. Yup Yup.. Ayo mata merem.. udah malem.. dan tertidur lah.. Zzzzz

Karna jarak Hotel-Bandara begitu dekat, Jam 7 kami sudah tiba di Bandara. Pemenang #BerburuPahala simPATI lain yang berangkat dari Jakarta pun sudah tiba di Bandara. Semuanya berangkat ke #LombokTrip, sedangkan saya sendirian ke #BelitungTrip. Mereka sudah di-Check-in-in (Bahasa yang aneh) sama pihak travel, Ada pihak travel juga yang menemani #LombokTrip. Sedang saya Check-in Check-in sendiri, Nunggu-nunggu sendiri, Berangkat-berangkat sendiri #MendadakDangdut...


Singkat cerita lagi (Gak mau kan denger gw nyeret2 tas, nunggu pesawat yang delay hampir setengah jam, nunggu sendirian di sebelah 2 bapak serem-serem.. gak mau kan??), Pesawat Sriwijaya Air SJ 056 pun terbang sekitar pukul 9 pagi menuju Bandara Tanjung Pandan, Belitung. Selama di Pesawat, berusaha untuk tidur, supaya segar, ayo tidur.. Sulit rasanya tidur, karna gak sabar ingin liburan.. Saking sulitnya, gw pun kelelahan besusah payah mau tidur, dan tertidur lah. Tidak lama, suara dari kokpit memberitahukan bahwa sebentar lagi pesawat akan mendarat.. What?? Ciyus?? Cepet banget dah?? Gak pake macet yak?? Woii.. gw baru merem tuh tadi... Ya sudahlah.. Cuss deh Bang kiri-kiri, gw mau turun (Kebiasaan Ngangkot)..

Akhirnya sampai di Belitung dengan Selamat... Alhamdulillah.. Gak pake Bagasi-bagasian, langsung cus keluar Bandara.. Di Depan Pintu Kedatangan, Ada Mas-mas yang pegang selembar kertas bertuliskan "Mr. Wibi Noviardi".. Aih, berasa orang penting... Adalah Bang Mamay, yang nunggu gw hampir 2 jam di Bandara (Gegara pihak Travel salah kasih jadwal). Bang Mamay, dengan ramah nyambut, dan segera cuss ke Mobil. Tujuan pertama adalah Danau Biru! Cukup waktu untuk saling mengenal selama perjalanan. Bang Mamay adalah Guide Freelancer yang biasa dipakai oleh personal, Kelompok, bahkan Travel yang 'punya nama' terkenal di Belitung. Nah, buat kalian yang mau ke Belitung, gak ada salahnya pakai jasa Bang Mamay, Recommended Cuyy.. Nih nomornya, 08192973xxxx... (Minta ke gw aja yak.. ga enak kalo dishare).. wkwkwk.. ternyata setelah Cek Album foto juga, gak ada Penampakan sama bang mamay sama sekali.. Hadeuh... 

Okesip, sampai deh di Danau Biru... Beuh Berasa di Kawah Putih Ciwideuy, cuma ini PANAS... Silau cuy... Kacamata mana.. kacamata..?? Eh koq sepi?? Tiba-tiba datang Bapak-bapak (kata bang Mamay sih Mantan Interpol) dan bilang, Jangan lama-lama yak.. sebenarnya tempat ini masih ditutup, dalam tahap investigasi, gara-gara ada satu korban Anak SD yang tenggelam saat Karya Wisata kemarin. Prihatin, dan sedih ga bisa ambil foto banyak-banyak.. Padahal Serius Cakep nih tempat.. Bekas galian Kaolin ini menjadi Danau yang indah, lingkungan yang serba putih, Warna hijau-Biru danau yang menyegarkan memang mengundang kita untuk berenang. Tapi jangan berenang di sini deh, Dasarnya tuh seperti Lumpur hidup yang bisa menyerap kita tiba-tiba.. Ati-ati deh.. Siapa juga yang mau sehabis berenang, tubuh lu penuh dengan Kaolin.. hihihi...

Ya udeh Bang Mamay, yuk ahh, Check in ke Hotel aja... #Eh.. Sesampainya di Hotel, di sambut resepsionis cantik, Maaf Belum bisa Check in Jam segini (Baru Jam 10an).. Beuh.. Tapi nomor telepon mba punya dong?? #Eh maksud saya, boleh dong titip tas-tas saya ini... #Ahhayy Cuss yuk Bang Mamay, Gw laper dan pengen Nyobain Mie Belitung. Bak Jin dari Timur Tengah, Bang Mamay mengabulkan permintaan saya ini.
Sampai di Kota (Satu-satunya Spot di belitung barat yang disebut Kota), kita mampir di Kedai Mie Belitung Atep. Mie Belitung Keliatan sederhana, dengan kuah Seafood, Isi Udang Tauge, Wortel, Entah apa lagi, yang jelas ENAAAKK.. Ditambah lagi Es Jeruk Konci yang menyegarkan.. Pedasnya Sambal Mie, langsung sirna.. Kata Pak Bondan Winarno, Maknyuuss...

Selesai Makan siang, Kenyang, dapat kabar udah bisa check in di Hotel.. Yes, Bisa beres-beres, bersih-bersih, dan Shalat Jum'at.. Ngomongin Shalat Jum'at, Initerary hari pertama ini agak gw rombak yee.. Pertama, Initerary yang gw dapet dari travel Jakarta beda banget sama Initerary dari travel Belitung. Dan keduanya gak diselipin tuh yang namanya Shalat Jumat.. ckckck... Okesip, gimana kalo hari ini benar-benar jadi Liburan ala gw.. Bang Mamay sih setuju-setuju aje nih orang...

Mampir di Masjid Agung di tengah Kota Belitung Barat, dan mendapat kesan unik saat Shalat di sini. Orang Belitung itu rama-ramah yak? Ahh.. Biasa... Namanya juga daerah wisata.. Eh bukan loh, ini Beda... Saat beritikaf, tidak segan orang tua, bahkan kelihatannya sesepuh, datang menghampiri gw. Lantas gw cium tangannya tanda hormat. Yang aneh itu bukan cuma satu atau dua, namun setiap orang yang baru masuk Masjid, menghampiri gw, sekedar bersalaman. Padahal gw masih kelihatan muda, unyuunyu, dan sepantasnya saya lah yang menghampiri mereka. Amazed deh.. Hal ini begitu hilang di jakarta dan sekitarnya.

Okesip, Shalat Jum'at sudah.. Balik ke Hotel bentar, yuk siap-siap liburan.. Ayyey.. Banyak yang bilang, apa enaknya liburan sendiri, ke Belitung lagi.. Iya juga sih.. Ya udeh, bang Mamay, ketemu temen gw aja dulu yuk di Tanjung Tinggi.. Ada temen SMA yang udah lama gak ketemu, kerja di Hotel Lor In. Tancap gas ke Lor In, Jiaa, ketemu deh sama Yulina Parasty. Paras emang baru setengah tahun kerja di Belitung. Lucunya, dia justru belum pernah yang namanya liburan sebenarnya di Belitung. Lantas, gw ajak aja kali yak.. Bolos kerja deh dia, sekalian dia ngeracunin satu temennya, Mba Muti, untuk ikut bolos. Yuk ah jeung.. kita jalan-jalan...

Akhirnya gw, Paras, Mba Muty dan Bang Mamay berpacu dalam mobil menuju Kampung Balitong, Sijuk, Belitung.. Dinamakan Belitung (Balitong), karna kalau dilihat pulau belitung bagaikan Pulau Bali yang terpotong bagian selatannya.. Sedangkan kampung Balitong sendiri memang banyak dihuni oleh Orang-orang bali. Tak ayal sepanjang jalan banyak Galungan dan gantungan sesajian. mampirlah kami ke Pure (dan gw lupa nama purenya :p).. Sebelumnya meminta izin ke Warga sekitar, Poto-poto lah kami di sanah... Yang bikin heran, kenapa ini makhluk berdua lebih eksis yak.. Paras dan Mba Muty seolah baru keluar dari tahanan.. Hobby jeprat jepretnya sudah ga kebendung kayaknya.. Ga kerasa udah lebih dari setengah jam cuma buat jeprat jepret doang.. Dasar cewek!! wkwkwk.. tapi gw juga eksis sih..:p

Yuk ah, ke Tanjung Tinggi yuk... Ke tempat di salah satu Scene film Laskar Pelangi.... Eh bentar-bentar.. Ada Klenteng tuh, lucu kayaknya kalo putuputu.. Dan bisa ditebak dua cewek itu lah yang sebenar-benarnya menikmati liburan hari ini.. bahkan mereka mau minta ramalan ala Klenteng, sayangnya di klenteng ini, sebelum di ramal perlu melewati ritual Sembahyang dulu. Berbeda dengan Klenteng Dewi Kwan Im di Belitung Timur.. Ya sudah lah eksis Poto-poto sajah... :D Kayaknya makan siang dengan Mie Atev kurang nih.. Untungnya Bang mamay memang menyediakan sekedar camilan  di Mobil. Kue-kue itupun pun ludes bukan cuma oleh saya, tapi dua makhluk yang kerja di resort mahal pun kelaparan.. Ahhaay

Sampailah di tanjung Tinggi... Ini baru gw bilang WoW... Pantai yang indah, dan banyak batu-batuan besar.. Ini bukan batu karang loh.. Semacam batu granit atau keluarganya lah.. Yang jelas, ini adalah batu-batu raksasa... pasir di Belitung juga agak berbeda dengan pantai kebanyakan.. Tekstur pasirnya lebih mirip tepung.. Buat yang bawa Kamera tak perlu khawatir mudah lecet lensanya.. Yaa meski tetap waspada.. Sepanjang bibir Pantai banyak batu besar, bagus buat jadi background foto-foto.. Naik turun batu besar, cuma untuk mendapatkan view bagus.. Dan... Yeahh!!! Banyak foto-foto bagus, meski tanpa kamera professional, hanya dari jepretan ponsel saja...



Aih gak kerasa udah mau Maghrib.. Cuss Ashar nunggu Maghrib di pinggir Pantai.. Fuih, Ada Musholla (Susahan di Bali nyari tempat sholat).. Sambil Pesan makan buat makan malam... kayaknya ga perlu barbequan.. udah capek euy... Di Resto ini, Pesan Gangan yang terkenal enak, Ikan bakar, Cumi Goreng tepung, dan minum Es Kelapa Muda.. Ajib... Pas gw tanyain ke bang mamay, bang ini seriusan Porsi buat Wibi sebanyak ini?? Katanya emang porsi dari travelnya... Ya udeh deh, Rejeki si Paras sama Mba Muty ikut makan malam... Dan kenyaaaaang pooollll...

Sebenarnya kata Bang Mamay, masih ada coffee break dan apalah.. tapi saya sudah tunduh, lelah, pegal-pegal.. Apalagi besok harus bangun pagi untuk liburan Pantai sebenarnya.. Oh iya pagi-pagi sekali juga mau jemput Perwakilan pihak simPATI yang akan menemani liburan hari kedua.. Bagaimana ceritanya... Yuk baca #BerburuPahala simPATI: #BelitungTrip Impresif! (Eps 3).




No comments:

Post a Comment